Friday, October 16, 2015

Pemuda terhadap tanah air, bangsa, dan bahasa

Memaknai hari sumpah pemuda yang akan jatuh pada tanggal 28 oktober di negeri tercinta ini, peran pemuda sering kali dijadikan sasaran atas jawaban dari sebuah pertanyaan, 
Bagaimana peran pemuda untuk bangsa dalam makna sumpah pemuda?

Siapa lagi, jika bukan pemuda yang menjadi andalan bangsa, sesosok yang jiwanya masih memiliki kekuatan, bergairah, penuh ide, dan masih dapat terlatih dan dipupuk sejak dini kepemimpinannya. Pemuda berperan penting untuk menentukan maju atau mundurnya bangsa ini. Seorang pemuda, kelak akan menjadi pemimpin yaitu menjadi pengganti para petinggi yang memajukan roda pemerintahan, tak lama masa jabatan mereka akan habis secara bergantian, dan jika dihitung pergantian itu dari masa ke masa, pemuda sekaranglah yang akan menjadi sosok pemimpin di masa depan. Lalu tindakan apa yang baiknya dilakukan oleh seorang pemuda agar kelak dapat menjadi andalan sebagai penerus bangsa?

Kita dapat mengambil makna dari kalimat yang terkandung dalam sumpah pemuda, yaitu :

1. "Kami putra putri indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah indonesia"

Tanah air indonesia inilah yang harus diperjuangkan. Pengakuan atas bertumpah darah yang satu, perlu dijadikan sebagai sebuah komitmen. Negara ini sudah mulai tua, sudah mulai rapuh, begitu khawatir jika cita-cita bangsa ini tidak dapat terwujud. Maka yang dapat diharapkan dari sesosok pemuda yaitu memiliki konsistensi untuk terus dapat menanamkan rasa cinta terhadap tanah air sendiri sebagai salah satu pendukung terwujudnya cita-cita tersebut, siapa lagi jika bukan pemuda sebagai penerus bangsa yang berjuang untuk berkontribusi mewujudkan itu semua. Sayang sekali tanah tumpah darah yang berpotensi besar ini jika harus di sia-siakan.

2. "Kami putra dan putri indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia"

Kesatuan dan persatuan merupakan salah satu komponen yang dapat mendukung berkembangnya suatu bangsa di sebuah negara. Jika tidak ada persatuan dan kesatuan, apalagi alasan yang dapat memperkuat bahwa sebuah kekompakan atau sinergi dari suatu kelompok yaitu bangsa, sangat berpengaruh pada kemajuan negara itu sendiri? Untuk mewujudkan cita-cita atau tujuan negara ini, diperlukan suatu bangsa yang mampu menjadi andalan. Yaitu bangsa yang dapat menghargai setiap perbedaan, menjadikan musyawarah dan mufakat sebagai cara dalam pengambilan keputusan. Dengan itu, tidak akan terjadi bentrokan atau keributan, karena tidak ada hal yang diputuskan sepihak dan tidak menghargai pendapat. Perlu ditanamkan keyakinan dalam diri, perlu disamakan cara berpikir bahwa kita itu adalah satu nasib, bangsa yang negaranya masih perlu untuk maju. Jadi, marilah bersama-sama menjadi sebaik-baiknya pemuda yang bisa bermanfaat bagi negara tercinta ini. Setidaknya, meskipun kita tidak mengambil bagian memiliki posisi menjalankan roda pemerintahan atau berperan di pemerintahan nanti, namun kita dapat menjadi pemuda bangsa yang cerdas, yang bisa maju, yang sedikit demi sedikit dapat ikut berperan memperbaiki masa depan indonesia.

3. "Kami putra dan putri indonesia, menjungjung bahasa persatuan, bahasa indonesia"

Bahasa indonesia, merupakan bahasa persatuan negara, meskipun banyak sekali ragam bahasa daerah yang digunakan oleh rakyat indonesia di masing-masing daerahnya, namun bahasa indonesialah yang menjadi bahasa pemersatu bangsa, yaitu bahasa yang digunakan dalam lingkup nasional oleh rakyat indonesia.

Bahasa indonesia, merupakan alat komunikasi yang digunakan di media-media siaran seperti televisi, radio, buku, majalah, koran dan situs-situs terutama situs resmi pemerintahan.

Bahasa indonesia, merupakan bahasa kebanggaan negara kita. Banyak negara yang merupakan negara persemakmuran, mereka dituntut untuk bisa menggunakan bahasa negara yang menjajahnya, seperti negara india dan malaysia, mereka dituntut untuk bisa menggunakan bahasa inggris. Namun kita tidak, kita merdeka, kita menggunakan bahasa milik bangsa ini, yaitu bahasa indonesia.

Bahasa indonesia, merupakan identitas nasional, dibuktikan dengan digunakannya pada butir-butir pancasila, sumpah pemuda, undang-undang, dan peraturan-peraturan tertulis, juga digunakan dalam lagu kebangsaan, yaitu indonesia raya.

Bahasa indonesia, bahasa yang dapat menyatukan kita, menegakkan kedaulatan, mencerdaskan bangsa. Sebagai pemuda, kita harus bangga menggunakan bahasa indonesia. Melalui bahasa indonesia, pemuda dapat berkarya, dapat berkembang, dapat menjadi andalan bangsa.

Teruslah maju menjadi pemuda yang dapat menegakkan sumpah pemuda yang pernah di kukuhkan kurang lebih 87 tahun lamanya ini!

No comments:

Post a Comment